Rabu, 21 Januari 2009

Hari Terakhir Bush - Gedung Putih Dilempari Sepatu!


Insiden memalukan terjadi pada hari terakhir Presiden AS George W Bush di Gedung Putih. Para demonstran anti-perang melemparkan sepatu ke luar gerbang Gedung Putih.

Sekitar 500 orang berjalan serentak ke Gedung Putih. Setibanya di luar Gedung Putih, massa melemparkan sepatu-sepatu ke arah gerbang Gedung Putih. Sekitar 40 sepatu dilemparkan pendemo.

Aksi ini sontak menjadi bahan tontotan menarik bagi para turis dan warga sekitar. Mereka pun mengabadikan kejadian langka itu dengan kamera dan telepon genggam berkamera. Demikian seperti dilansir harian Straits Times, Selasa (20/1/2009).

Menurut para demonstran, tindakan mereka itu sebagai solidaritas untuk Muntazar al-Zaidi, reporter Irak yang melemparkan dua sepatunya ke Bush saat konferensi pers di Baghdad, Irak pada Desember 2008 lalu. Zaidi hingga saat ini masih ditahan polisi Irak akibat kejadian itu.

Aksi lempar sepatu ke Gedung Putih tersebut disponsori oleh kelompok anti-perang Washington Peace Centre, Iraq Veterans Against the War dan kelompok lainnya.

Menurut pengkoordinir Jamilla El-Shafei, event itu memberikan kesempatan bagi para pendemo untuk mengungkapkan kemarahan mereka pada Bush. (ita/nrl)

Dari Detiknews.com

Tidak ada komentar: